Kawul Muda Diharapkan Tidak Hanya Memiliki Impian di Masa Depan

Jabodetabektoday.com, TANGERANG – Kawula muda khususnya di kalangan remaja diharapkan tak hanya memiliki impian untuk masa depan. Mereka juga harus memiliki perencanaan yang baik terkait dalam menjalani fase demi fase kehidupan ini.

Karena itu, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Tangerang Tahun 2024. Acara ini merupakan upaya membangun generasi muda yang berpotensi dan mampu menjadi teladan bagi rekan-rekannya.

Saat ini, tengah berlangsung Grand Final Pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Tangerang Tahun 2024 tengah berlangsung.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Tangerang Andi Ony mengatakan, pemilihan Duta GenRe Kabupaten Tangerang Tahun 2024 adalah momen penting. Duta GenRe terpilih mengemban tugas dan tanggung jawab besar untuk menjadi teladan dan inspirasi bagi generasi muda.

Pj Bupati juga menyampaikan, acara ini menjadi langkah strategis mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Tahun di mana Indonesia akan menjadi negara yang berdaya saing tinggi, sejahtera, dan berkeadilan.

“Namun, untuk mencapai cita-cita tersebut, kita memerlukan generasi yang tidak hanya memiliki impian, tetapi juga rencana yang jelas untuk mewujudkannya. Untuk itulah GenRe tercipta,” jelasnya di Gedung Serbaguna Pemkab Tangerang, Sabtu (28/9/2024).

Andi Ony juga menyoroti empat aspek penting yang harus diperhatikan dalam membangun generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan. Di antaranya perencanaan pendidikan berkualitas, pengembangan keterampilan dan life skills, inovasi dan kewirausahaan, serta kesadaran akan tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Tangerang, dr. Hendra Tarmizi menjelaskan tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan pentingnya kehidupan pra-nikah dan merencanakan masa depan sejak dini.

“Kegiatan pemilihan Duta GenRe ini utamanya adalah mensosialisasikan kehidupan pra-nikah, jadi merencanakan pernikahan sejak dini,” ujar dr. Hendra.

Lebih jauh, dr. Hendra menjelaskan bahwa acara ini melibatkan remaja-remaja dari seluruh SMA di Kabupaten Tangerang. “Kegiatan ini kita lakukan bersama remaja-remaja kita di seluruh SMA di Kabupaten Tangerang, dimulai dari 10 sekolah, dan hari ini kita mendapatkan 20 finalis. Nanti juga akan diperas menjadi 3 besar perwakilan kita untuk Provinsi Banten,” jelasnya.

Dr. Hendra menekankan proses seleksi yang ketat dan didukung oleh pembina GenRe yang memantau kreativitas para finalis. “Tim kita akan mengajukan perwakilan yang akan mewakili 5 wilayah, masing-masing ada 4 orang dari masing-masing wilayah,” tambahnya.

Ia berharap pemenang utama mampu menjadi wakil Kabupaten Tangerang di tingkat Provinsi Banten dan berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya kehidupan berencana di kalangan remaja.

“Kita berharap para remaja memiliki semangat, memiliki keinginan untuk menjadi remaja yang memiliki perencanaan yang baik terhadap kehidupan mereka di masa depan,” tutur dr. Hendra.

Dengan terselenggaranya acara ini, diharapkan akan lahir generasi berprestasi yang memiliki perencanaan matang dalam kehidupannya, mampu menjadi inspirasi bagi rekan sebayanya, dan turut serta mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *