News  

Gagal Ginjal Capai 901 Pasien di RSUD Kota Bogor Memprihatinkan!

Jabodetabektoday. Com – Bogor – 901 pasien dewasa dan 15 pasien anak tercatat penderita gagal ginjal di RSUD Kota Bogor.

Bahkan mencatat adanya peningkatan pada jumlah pasien penyakit gagal ginjal ini yang hampir melonjak hampir 2 kali lipat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno membenarkan adanya peningkatan prevalensi penyakit diabetes akibat konsumsi gula berlebih di masyarakat.

“Hingga Juni 2024, kemarin RSUD Kota Bogor mencatat terdapat 916 pasien yang menjalani rawat jalan akibat penyakit gagal ginjal. Jumlah ini terdiri dari 901 pasien dewasa dan 15 pasien anak, ” ujar Sri Bowo (5/8).

Antrian daftar berobat jalan dan cuci darah juga menumpuk di loket pendaftaran. Sangat memprihatinkan. Karena kondisi saat ini masyarakat Bogor banyak tersuguhkan makanan menggandung gula.

Data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 menunjukan bahwa terjadi peningkatan prevalensi penyakit diabetes pada penduduk usia di atas 15 tahun berdasarkan hasil pengukuran kadar gula darah, yaitu dari 10,9 persen naik menjadi 11,7 persen. (Hais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *