News  

Puskesmas Kecamatan Jambe Berhasil Lampaui Target di PIN Polio

Jabodetabektoday.com, TANGERANG – Puskesmas Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, berhasil melampaui target pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio dengan mencapai 7.357 anak (101,09 %) dari target 7.280 anak. Capaian ini menjadikan Puskesmas Jambe sebagai contoh keberhasilan dalam melaksanakan program imunisasi polio untuk anak-anak usia 0-8 tahun kurang 1 hari.

Kepala Puskesmas Jambe, drg. Ch Handar Mujati mengatakan, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio sejauh ini berjalan lancar dan baik di Kecamatan Jambe. Pihaknya mengajak seluruh masyarakat setempat ikut menyukseskan program imunisasi polio.

“Untuk Puskesmas Jambe bisa melebihi target, kami melakukan  sweeping  (door to door) bagi yang  belum diimunisasi karena kendala salah satu sebab  agar anak-anak di wilker Jambe  terimunisasi polio. Puskesmas Jambe merupakan puskesmas lintas batas dengan Kabupaten Bogor, banyak  juga pasien dari wilayah Bogor yang datang ke Puskesmas Jambe dan kebetulan bawa anak di kriteria sasaran maka anak itu kami beri imunisasi polio,” ucapnya saat diwawancarai tim Diskominfo Kabupaten, Jum’at (02/08/2024).

drg. Ch Handar Mujati menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah memastikan setiap anak mendapatkan imunisasi  khususnya imunisasi polio supaya anak Indonesia terbebas dari penyakit polio, serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya imunisasi.

“Dengan dukungan semua pihak, diharapkan cakupan imunisasi dapat meningkat dan kesehatan anak-anak terjaga dengan baik,” ujarnya.

Selain itu, dia menegaskan, pihaknya merangkai strategi  sweeping (door to door) ke rumah-rumah dengan menggandeng seluruh lintas sektor yakni aparat kecamatan, desa, serta seluruh stakeholder terkait. Mereka turut berperan aktif menyukseskan PIN Polio ini sebagai program dari Pemerintah Pusat.

“Alhamdulillah saat sweeping (door to door), semua orang tua mendukung dan antusias untuk anaknya agar mendapatkan imunisasi polio,yang sebelumnya  kami memberikan pemahaman tentang bahaya penyakit polio kepada para orang tua,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, anak-anak di wilayah  Kecamatan  Jambe  terbebas dari penyakit polio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *