News  

BMKG Perkirakan Curah Hujan Tinggi di Bogor Hingga 18 Maret 2024 Mendatang

Jabodetabektoday.com – Bogor – Situs resmi BMKG Kota Bogor diprediksi mengalami curah hujan yang tinggi.

Dalam rilisnya Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati menuturkan, Kepala BMKG mengatakan pihaknya mengulang kembali peringatan dini hujan lebat hingga ekstrem yang telah dikeluarkannya pada tanggal 7 Maret 2024 lalu dengan munculnya 2 dinamika atmosfer.

‘Tiga bibit siklon tropis yaitu 91s, 94s, dan 93p yang termonitor di Samudra Hindia Selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia yang menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonedia di bagian selatan,” ujarnya Karnawati.

Ia jelaskan bahwa fenomena kumpulan atau gerombolan awan hujan yang bergerak arak-arakan di sepanjang katulistiwa berasal dari Samudra Hindia di sebelah timur Afrika melintasi Samudra Hindia di sepanjang ekuator menuju Samudra Pasific.

“Peningkatan curah hujan atau lompatan curah hujan mengakibatkan terjadinya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia sampai tanggal 18 Maret 2024.

Curah Hujan yang tinggi di Kota Bogor dalam 2 hari terakhir juga berimbas pada naiknya tinggi muka air Bendung Katulampa mencapai ketinggian 90 centimeter. (Hais)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *