News  

Pemkot Depok Tunjukan Komitmen Jadi Garda Terdepan Bantu Masyarakat Pra Sejahtera

Jabodetabektoday.com, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus menunjukkan komitmennya menjadi garda terdepan membantu masyarakat pra sejahtera. 

Salah satunya dengan membantu warga pra sejahtera di Kelurahan Sukatani bagi remaja perempuan berusia 17 tahun, Dela yang ibunya sudah meninggal dunia.

Dalam upaya tersebut, Pemkot juga menggandeng Badan Amil dan Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok yang turut memberikan bantuan untuk Dela.

Senin (26/08) kemarin, penyerahan bansos untuk Dela dilakukan oleh Ketua Bidang 1 Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok Etty Maryati Salim.  

Menurut Ketua Bidang 1 TP-PKK Kota Depok Etty Maryati Salim, bansos yang diberikan oleh Pemkot Depok berupa bantuan pangan dan uang tunai.

“Alhamdulillah bantuan untuk Dela, Galang (adik Dela) dan keluarga yang pantas menerima bantuan sosial dari Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok dan Kelurahan Sukatani,” tutur Etty Maryati Salim kepada berita.depok.go.id, Selasa (27/08/24).

Etty Maryati Salim menuturkan, Pemkot Depok bersama Perangkat Daerah (PD) yang ada harus menjadi garda terdepan dalam memfasilitasi warga yang membutuhkan.

“Ini merupakan sebuah komitmen sebagai pimpinan Kota Depok untuk menyejahterakan warganya, khususnya warga yang tidak mampu,” ucap dia.

Selain bantuan tersebut, lanjut Etty Maryati Salim, Pemkot Depok juga membantu pengaktifkan kembali BPJS Kesehatan untuk Dela. Sebab, Dela juga mengidap penyakit pernafasan.

“Dela mempunyai penyakit asma yang berkelanjutan, bahkan sampai masuk ke paru-paru, sehingga butuh pendanaan yang cukup besar dari tim Pemkot Depok turun tangan menyelesaikan masalah ini,” terang Etty Maryati Salim.

Selain itu, Dela dan adiknya juga sudah putus sekolah. Untuk itu, Pemkot Depok akan membantu memfasilitasi pendidikan Dela dan adiknya.

“Kami juga berusaha memasukkan ke Kesetaraan Paket A, B dan C. Karena Galang terhenti sampai kelas IV SD, kalau Dela kelas I SMA, sehingga harus berlanjut lagi sekolahnya,” ungkap dia.

Etty Maryati Salim berharap, Dela dapat segera pulih agar bisa beraktivitas normal kembali.

“Mudah-mudahan Dela sehat, Allah gantikan kesehatan yang paripurna dan kesembuhan yang baik sehingga dela bisa aktivitas baik di sekolah, lingkungan dalan pergaulan sesama usianya,” harap Etty Maryati Salim.

Sementara itu, Ketua RT 04, RW 08 Kelurahan Sukatani, Didin Wahidin didampingi tokoh masyarakat setempat, Purwanto menceritakan, Dela merupakan tiga bersaudara. 

Mereka ditinggal meninggal ibunya saat Pandemi Covid-19 dan kini ditinggal ayah untuk menikah lagi di kota lain.

Dengan kondisi itu, kehidupan Dela dan adiknya bergantung kepada tetangga dan tantenya yang tinggal di wilayah Kelurahan Sukamaju Baru.

“Dela di rumah ini sama adiknya yang nomor dua, yang ketiga ikut tantenya di Sindangkarsa (Kelurahan Sukamaju Baru),” imbuhnya.

Terlebih, belum lama ini, Dela menderita penyakit paru-paru akut, sehingga memerlukan perawatan intensif.

“Awalnya ada laporan ke kita tentang masalah ini, terus kita tindaklanjuti melaporkan ke petugas Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) Dinsos dan Baznas. Alhamdulillah, sekarang sudah tertangani dengan baik berkat bantuan Pemkot Depok,” beber dia.

“Terima kasih Ummy Etty dan jajaran Pemkot Depok yang sudah berkunjung ke tempat kami dengan cepat dan sigap,” pungkas Didin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *