News  

Pemkot Depok Kolaborasi dengan Tim Robotik UI Kenalkan Robotik

Jabodetabektoday.com, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berkolaborasi dengan Tim Robotik Universitas Indonesia (UI) mengenalkan robotik kepada siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Depok.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, Pemkot Depok ingin menanamkan budaya media art (seni media) yang kini sudah menjadi kurikulum smart culture di satuan pendidikan kepada pelajar SLB Negeri.

“SLB Negeri Kota Depok menjadi pilot projek pengenalan robotik yang inklusif. Ini merupakan komitmen kami kepada teman-teman disabilitas bahwa mereka juga mampu bermain robot,” katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (15/08/24).

Dadang menuturkan, pengenalan robotik kepada pelajar SLBN Kota Depok juga bertujuan untuk meningkatkan literasi di bidang teknologi informasi sejak dini. Serta meningkatkan kepercayaan diri mereka bahwa anak inklusi juga mampu mengoperasikan robot.

Pada kesempatan itu, Tim Robotik UI mengenalkan dan mengajarkan puluhan siswa bermain sepak bola atau soccer menggunakan robot. 

Robot tersebut bergerak dengan bantuan smartphone yang dioperasikan oleh siswa untuk menggiring dan menendang sebuah bola ke dalam gawang.

“Anak-anak antusiasnya senang dan cepat sekali beradaptasi langsung bisa mengoperasikan robotnya,” ucapnya.

Menurut Dadang yang juga menjadi Focal Point UNESCO Creative Cities Network Kota Depok, saat ini sudah ada 10 satuan pendidikan yang menerapkan kurikulum Smart Culture khususnya robotik. 

Dikatakannya, pengenalan robotik tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkot Depok mengembangkan seni media ke semua kalangan yang menjadi salah satu unggulan di Kota Depok.

“Melihat tanggapan yang baik ini, kami berencana akan menjalin kerja sama antara Pemkot Depok dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkait pembelajaran robotik dan game ini di lingkup SLB,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kota Depok akan mengikuti seleksi nasional nominasi Jejaring Kota Kreatif UNESCO 2025. 

Ini merupakan kali kedua Kota Depok berkompetisi di ajang yang sama, dimana pada tahun 2023 lalu berhasil meraih posisi dua besar nasional bersama Kota Surakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *